Total Tayangan Halaman

Jumat, 23 Oktober 2015

SOFTSKILL: SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI


1.       Berikan penjelasan tentang Sistem Informasi menurut berbagai sumber! Minimal 3 sumber
a.      Menurut John F. Nash (1995:8) yang diterjemahkan oleh La Midjan dan Azhar Susanto, menyatakan bahwa Sistem Informasi adalah:
Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.
b.      Menurut John F. Nash dan Martil B. Robert (1988:35) yang diterjemahkan oleh Jugianto H.M, menyatakan bahwa:
Sistem Informasi adalah kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi pentingm, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal.
c.       Sedangkan menurut Henry Lucas (1988:35) yang diterjemahkan oleh Jugianto H. M, menyatakan bahwa:
Sistem Informasi adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, bilamanadieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian didalam organisasi.

2.       Berikan pengertian tentang Sistem Informasi Psikologi! Dan berikan contoh penggunaan Sistem Informasi dalam Psikologi! (Bisa dalam bentuk referensi website atau aplikasi Dekstop. Tampilkan screenshot dari Sistem Informasi tsb)

Sistem informasi psikologi adalah suatu bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi itu sendiri dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi. Sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan penguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan. Contoh penggunaan Sitem Informasi Psikologi yakni, pada perusahaan-perusahaan yang banyak menggunakan software tentang alat tes agar waktu yang digunakan dalam menyeleksi calon karyawan baru lebih cepat dan efisien, serta tidak membuang tenaga para penyeleksinya juga.
Contohnya: TES MBTI ONLINE.


Tes Kepribadian MBTI adalah psikotes yang bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe kepribadian seseorang dalam lingkungannya. Gambar-gambar tersebut merupakan screenshot contoh dari kegunaan sistem informasi dalam bidang psikologi. Untuk menggunakan tes MBTI secara online dapat mengunjungi: http://www.jatikomputer.com/2015/08/tes-kepribadian-mbti-online.html

3.      Berikan penjelasan tentang Arsitektur Komputer!
Pengertian arsitektur komputer adalah dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya. Dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer.
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann [1903 – 1957]. Arsitektur ini digunakan oleh hampir pada semua komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer dengan 4 (empat) bagian utama, yaitu: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, & alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian tersebut dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
Arsitektur komputer ini mengandung 3 (tiga) sub-kategori, diantaranya meliputi:
·         Set intruksi (ISA).
·         Arsitektur mikro dari ISA, dan juga
·        Sistem desain dari semua atau seluruh komponen dalam perangkat keras (hardware) komputer ini.

4.      Berikan penjelasan tentang Struktur Kognitif Manusia!
Pendekatan ini di dasarkan pada asumsi atau keyakinan bahwa kemampuan kognitif merupakan sesuatu yang fundamental dan yang membimbing tingkah laku anak. Ada tiga model perkembangan kognitif ini, yakni:
a.         Model dari Piaget
Piaget berpendapat bahwa perkembangan manusia dapat di gambarkan dalam konsep fungsi dan struktur. Fungsi merupakan mekanisme biologis bawaan yang sama bagi setiap orang atau kecendrungan-kecendrungan biologis untuk mengorganisasi pengetahuan kedalam struktur kognisi, dan untuk beradaptasi kepada berbagai tantangan lingkungan. Tujuan dari fugsi-fungsi itu adalah menyusun struktur kognitif internal. Sementara struktur merupakan intereasi (saling berkaitan) sistem pengetahuan yang mendasari dan membimbing tingkah laku inteligen. Struktur kognitif diistilahkan dengan konsep skema, yakitu seperangkat keterampilan, pola-pola kegiatan yang fleksibel yang denganya anak memahami lingkungan. Skema memiliki dua elemen, yaitu: (a) objek yang ada dilingkugan dan (b) reaksi anak sebagai objek.
Menurut Wasty Soemanto (1984), skema ini berhubungan dengan (a) refleks: bernapas, makan, dan minum; dan (b) skema mental: skema klasifikasi (pola tingkah aku yang masih sulit diamati). Dalam membahas fungsi-fugsi, Piaget mengelompokkannya sebagai berikut:
1)       Organisasi, yang merujuk pada fakta bahwa semua struktur kognitif berinterelasi, dan berbegai pengetahuan baru harus diselaraskan ke dalam system yang ada.
2)      Adaptasi, yang merujukkan pada kecendrungan organisme untuk menyelaraskan dengan lingkungan. Adaptasi ini terdiri atas dua subproses: (a) Asimilasi, yaitu kecenderungan untuk memehami pengalaman baru berdasarkan pengetahuan yang telah ada; (b) Akomodasi, yaitu perubahan struktur kognitif krena pengalaman baru. Keadaan saling mempengaruhi antara asimilasi dan akomodasi melahirkan konsep konstruktifisme, yaitu bahwa anak secara aktif menciptakan pengetahuan, dalam arti anak tidak hanya menerima pengetahuan secara pasif dari lingkungan.

5.      Jelaskan keterkaitan antara Struktur Kognisi Manusia dengan Arsitektur Komputer!
Struktur kognisi manusia dengan komputer memiliki proses yang hampir sama yaitu sama-sama memproses informasi atau data yang masuk. Informasi masuk melalui otak pada manusia, sedangkan dalam komputer biasa disebut dengan input, saat memproses informasi otak juga melakukan aktivitasnya yaitu memproses informasi yang masuk, jika pada komputer biasa disebut dengan storage, dan pada manusia dalam mengeluarkan informasi juga diproses oleh kognisi atau otak yang dalam komputer biasa disebut output. Arsitektur komputer sendiri merupakan hasil dari kreativitas-kreativitas manusia yang menggunakan kognisi nya dalam menciptakan arsitektur komputer, sehingga arsitektur komputer dan kognisi manusia itu saling terkait satu sama lainnya.

6.      Berikan penjelasan tentang kelebihan dan kelemahan Arsitektur Komputer dibandingkan dengan Struktur Kognitif Manusia!
Robert L. Solso, Otto H. Maclin, dan M. Kimberly Maclin (2007) menyatakan bahwa walaupun komputer memiliki banyak kelebihan, namun komputer juga memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan kognitif manusia, yaitu:
Kelebihan: Pada umumnya komputer dapat melakukan operasi matematika dan logika dengan sangat cepat. Komputer dapat menguji model-model kognitif dengan sumber daya ruang dan waktu yang lebih hemat. Dalam waktu yang sama, komputer dapat melakukan ribuan simulasi dan menghasilkan ribuan data, dan lain-lain.
Kelemahan: Komputer tidak memiliki emosi seperti manusia. Komputer tidak dapat melakukan generalisasi. Komputer tidak mampu memahami pola-pola yang kompleks. Komputer tidak mampu membuat kesimpulan. Manusia lebih unggul dalam mengenali wajah, dan lain-lain

SUMBER:
ana.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../SISTEM+INFORMASI.ppt
file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR.../TEORI_PERKEMBANGAN.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar