Total Tayangan Halaman

Jumat, 20 November 2015

Softskill 2: Sistem Informasi Berbasis Komputer

Sistem Informasi Berbasis Komputer


1.     Jelaskan pengertian sistem informasi berbasis komputer dari berbagai sumber. Minimal 3 sumber!
a.   Menurut Wahyono (2004) Sistem informasi berbasis komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuha informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.
b.   Sistem Informasi Berbasi Komputer (CBSI) adalah sumber daya konseptual yang cara pengelolaannya dengan mengubah menjadi simbol-simbol yang memiliki nilai sehingga dapat dikalkulasi. Dan cara pengelolaanya dengan menggunakan bantuan mesin, dalam hal ini komputer.
c.   Sistem berbasis komputer adalah sistem yang komponen-komponennya atau subsistem-subsistemnya terdiri dari orang, perangkat keras (hardware) komputer, perangkat lunak (software) komputer, basis data, prosedur, dan dokumentasi. Keenam komponen tersebut merupakan dasar pembentuk sistem berbasis komputer, dan komponen ke-3, ke-4, ke-5, dan ke-6 tersebut merupakan hasil aktifitas rekayasa perangkat lunak (software engineering).

2.    Jelaskan macam-macam sistem informasi berbasis komputer di bawah ini
a.    Fokus data (SIA/EDP):
1)    Karakteristik SIA
a)    Melaksanakan tugas yang diperlukan
b)   Berpegang pada prosedur yang relatif standar
c)    Menangani data yang rinci
d)   Terutama berfokus historis
e)   Menyediakan informasi pemecahaan masalah yang minimal
b.    Fokus informasi (SIM)
1)    Sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa (Raymond McLeod)
2)   Integrasi manusia/mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen&pengambilan keputusan pada suatu organisasi (Gordon B. Davis)
c.    Fokus pada sistem pendukung keputusan (SPK)
1)  Definisi: Sistem komputer yang interaktif yang membantu pembuatan keputusan dalam menggunakan&memanfaatkan data&model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur.
2)   Tujuan:
a)   Memberikan dukungan untuk pembuatan keputusan pada masalah yang semi/tidak terstruktur.
b)  Memberikan dukungan pembuatan keputusan kepada manajer pada semua tingkat untuk membantu integrasi antar tingkat.
c)    Meningkatkan efektifitas manajer dalam pembuatan keputusan & bukan peningkatan efisiennya.
d.    Fokus pada komunikasi (otomatis kantor)
1) Definisi: Semua sistem elektronik formal & informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informal ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan.
2)  Fungsi: Untuk memudahkan jenis komunikasi baik lisan maupun tulisan & menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.
e.    Fokus pada konsultan (sistem pakar)
1)    Definisi: Program komputer yang berfungsi seperti manusia yaitu memberi konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecahan masalah.
2)   Komponen ES :
a)    User interface
b)   Knowledge interface
c)    Interface engine
d)   Development engine

3.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
a.    Pemrosesan Batch
Batch Processing adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data-data yang terdapat dalam batch tersebut. Setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses.
b.    Pemrosesan Online
Transaksi yang segera masuk, diproses dan prosesnya real time, dan transaksinya segera dibukukan.
c.    Sistem Realtime
Mekanisme pengontrolan, perekaman data, pemrosesan yang sangat cepat sehingga output yang dihasilkan dapat diterima dalam waktu relatif sama.

4.    Apa yang maksud dengan database!
Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi dimana basis data merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.

5.    Buatkan konsep dan struktur database beserta contoh DBMSnya dalam memecahkan masalah (dalam psikologi)!

Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar