Total Tayangan Halaman

Senin, 29 Oktober 2012

Tugas IBD 2


1.     Sebutkan cinta menurut Dr. Sarlito W. Sarwono! Berikan contoh masing-masing minimal 2 contoh!

1. Keterikatan (Cinta Setia)
adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia.
Contoh :
Cinta Tuhan kepada hamba-Nya
Cinta orang tua kepada anaknya

2. Keintiman (Cinta Saudara)
adanya kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi panggilan formal seperti bapak, ibu saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang dan sebagainya.
Contoh :
Cinta seorang teman terhadap sahabat karibnya
Cinta kepada tetangga yang sudah tinggal bersebelahan dalam waktu yang lama

3. Kemesraan (Cinta Rayuan)
adanya rasa ingin membelai dan dibelai, timbulnya rasa kangen apabila tak bertemu, adanya ungkapan ungkapan rasa sayang dan seterusnya.
Contoh :
Cinta seseorang kepada pacarnya
Cinta suami kepada istrinya

2.    a.  Sebutkan nilai estetik keindahan. Berikan contoh. (minimal 2)

Nilai Estetika Keindahan
Estetika adalah salah satu cabang filsafat. Secara sederhana, estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya. Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi seni.
(wikipedia)

Contoh :
-      Puisi bentuk puisi yang terdiri dari bahasa diksi, baris, sajak, irama.
-      Musik terdiri dari lirik, nada-nada yang teratur, alunan alat musik yang yang dipadukan dalam suatu komposisi yang menghasilkan suara yang indah.

b.  Jelaskan keserasian dalam keindahan. Berikan contoh.

Keserasian berasal dari kata serasi dan dari kata dasar rasi yang artinya cocok, kena benar dan sesuai benar. Kata cocok, kena dan sesuai itu mengandung unsur perpaduan, pertentangan, ukuran dan seimbang. Keserasian identik dengan keindahan.

Contoh :
Lagu merupakan unsur pertentangan antara suara tinggi-rendah, panjang-pendek, keras-halus yang terpadu begitu serasi sehingga telinga kita pun dibuat nyaman mendengarkan dan hati kita pun merasa puas mendengarkannya.

3.    Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari Anda tentang penderitaan, sebab-sebabnya dan pengaruh dari penderitaan tersebut.

Contoh penderitaan di dalam kehidupan sehari-hari saya adalah kekeringan air bersih yang melanda lingkungan sekitar rumah saya dalam beberapa bulan kemarin. Sebab-sebanya adalah musim kemarau yang berkepanjangan yang mengakibatkan menurunnya intensitas curah hujan sehingga air dalam tanah pun berkurang karna sering digunakan. Pengaruh penderitaan tersebut adalah meningkatnya hubungan tolong-menolong antar tetangga, karena ada sebagian warga yang air sumur dirumahnya tidak mengalami kekeringan jadi warga tersebut memberikan air kepada warga lain yang rumahnya mengalami kekeringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar